02/04/12

Hijab menurut Syari'at Islam

Saat ini jilbab adalah salah satu pelengkap yang lagi trendi dikalangan wanita, apalagi dengan bermunculan model-model jilbab terbaru yang mudah dimodifikasi sehingga membuat si pemakai kelihatan lebih cantik dan modis.
Namun apakah kita sebagai wanita sudah memenuhi syarat-syarat berhijab tersebut??
Menurut saya, kebanyakan wanita berjilbab saat ini adalah ikut-ikutan,bukan dari niat di hatinya. Mengapa saya bilang ikut-ikutan,,
karena mereka ga tau cara atau syarat-syarat berhijab tersebut. Misal ; Dia memakai jilbab tapi pakaiannya baju yang yang ketat.
   Agar kita lebih mengetahui kode etik dalam mengunakan jilbab mari kita simak apa saja yang menjadi syarat-syarat hijab menurut syariat Islam :
  • Hijab haruslah menutipi seluruh tubuh
  • Tidak terbuat dari kain yang tipis
  • Hijab itu bukan pakaian yang dibubuhkan pewangi yang dapat membangkitkan gairah nafsu laki-laki
  • Hijab tidak boleh berupa perhiasan yang berwarna-warni dan menarik permandangan
  • Haruslah yang longgar dan tidak berupa pakian yang sempit. Sebab kalau ketat dan sempit bisa memperlihatkan bentuk tubuh, sedangkan itu sangatlah tidak boleh
  • Hijab tidak boleh berupa pakian yang menyerupai pakian laki-laki
Itulah syarat-syarat hijab yang sesuai dengan syariat islam. Sedangkan hijab itu sendiri merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh semua wanita muslim. Sebab dengan menggunakan hijab bisa menangkal fitnah yang mungkin terjadi antara dia dan laki-laki lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar